Viral Macan Kumbang Berkeliaran di Perkampungan, Warga Panik Bawa Golok

KabarBerita.net – Seekor macan kumbang (Panthera Pardus Melas) turun gunung dan berkeliaran di kurang lebih perkampungan warga di daerah Cimalimping, Desa Sindangsari, Kecamatan Kasomalang, Subang, Jawa Barat, Sabtu 1 Juni 2019.

Video keberadaan macan tersebut diunggah pertama kali oleh account Instagram bernama prfmnews, dan menjadi viral hingga ditonton sebanyak 34.340 kali.

Warga setempat dibuat panik dan kegalauan lantaran Kedatangan binatang buas yang lumayan beresiko tersebut di tengah-tengah perkampungan. Beramai-ramai warga berinisiatif memburu macan tersebut bersama dengan berbekal senjata bambu, golok dan lainnya. Macan sempat terpojok beberapa saat, tetapi bersama dengan cepat berhasil kabur dan masuk ke didalam salah satu tempat tinggal warga melalui jendela.

Aparat TNI ikut diterjunkan ke wilayah untuk mengamankan macan kumbang yang telah terjerat itu. “Kami sedang menunggu petugas yang berkompeten, terutama berasal dari Polhut atau BKSDA,” kata Danramil Jalancagak, Kapten Inf Supriyono.

Kabar perihal keberadaan macan kumbang di perkampungan warga juga dibenarkan kader konservasi Subang Selatan, Iis Rochaeti. Pihaknya pun sedang mengusahakan untuk menyelamatkan macan tersebut dan mengembalikan ke habitat aslinya.

“Kita tidak menginginkan seperti terhadap awal th. lantas tersedia macan kumbang yang telah ditemukan mati di daerah Desa Cikujang, Kecamatan Serangpanjang,” ujarnya kepada awak media.

Menurutnya, penemuan macan kumbang menandakan bahwa masih terdapat habitat binatang buas itu di sekitaran wilayah tersebut, juga harimau Jawa. Untuk itu warga diminta sehingga senantiasa waspada dan berhati-hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *